Kamis, 18 Desember 2014

makalah biologi dalam bahasa arab tentang Foraminifera



  Makalah Biologi  Tentang
Foraminifera
Dalam Bahasa Arab 




امثلة لبعض الاحافير الشائعة
اولا : رتبة الفورامينفرا Foraminifera
          اَلْفُوْرَ امِيْنِفِرَا حَيَوَانَاتٌ أَوْلِيَّةُ يَتَكَوَّنُ جِسْمُهَا مِنْ خَلِيَةٍ وَاحِدَةٍ تَقَوَّمُ بِجَمِيْعِ الْوَظَائِفِ الْحَيَوِيَّةِ.
وَهَذِهِ الَرَتْبَةُ مِنَ الْحَيَوَانَاتِ الْاَوْلِيَّةِ ذَاتَ أَهَمِّيَةِ خَاصَة مَنْ وِجْهَةٍ النَظَرِ الْجُيُوْلُوْجِيَّةِ نَظْرًا لاِنْتِشَارِ بَقَايَا أَصْدَافِهَا فِيْ الْكَثِيْرِ مِنَ الصُخُوْرِ الرُّسُوْبِيَّةِ , وَلِاَنَّ عَدَدًا كَبِيْرًا مِنْ أَنْوَاعِهَا مَدَاهُ الزَمَنِي قَصِيْرٍ , وَيَعْتَبِرُ أَحَافِيْرَ مَرْشِدَةً جَيِّدَةً . وَكَذِلكَ لِاَمْكَانِ اَخَرَاجِهَا كَامِلَةً وَبِأَعْدَادِ كَبِيْرَةٍ مِنْ الْمَقْطُوْعَاتِ الصَخْرِيَّةِ وَالْجَسَاتِ (Cores) اَلَّتِيْ تَسْتَخْرِجُ مِنَ الْاَبَارِ اَلَّتِيْ تَدِقُ لِلْبَحْثِ عَنْ اْلبِتْرُوْل أَوْ المَعَادَنُ اَلْمُخْتَلِفَةُ نَظْرًا لِصَغْرِ حَجَمِهَا , اِذْ يَبْلُغُ مُتَوَسِطٌ حَجَمٌ مَعْظُمٌ أَصْدَافِهَا حَوَالِيْ ار. مم 3.
          وَقَدْ اِزْدَادَ اَلْاِهْتِمَامُ بِالْفُوْرَامِيْنِفِرَا زِيَادَةً كَبِيْرَةً مُنْذُ أَنْ اِكْتَشَفَتْ فَائِدَتُهَا اَلْكُبْرَى فِيْ مَضَاهَاةِ الَّطَبَقَاتِ وَتَحْدِيْدِ أَعْمَارُهَا وَخَاصَةً الطَّبَقَاتِ تَحْتَ السَطْحِيَّةِ, فَزَادَ عَدَدُ الْمُشْتَغْلِيْنَ بِهَا سَوِاء فِيْ الْجَا مِعَاِت, أَوْ مَرَاكِزُ أَبْحَاثُ شَرَ كَاتِ النَفْطِ وَالتَّعْدِيْنَ.
          وَتَتَمَيَّزُ اَلْفُوْرَامِيْنِفِرَ ابِصَدَفَتِهَا اَلْجِيْرِيَّةِ. وَتَعْتَبِرُ الصَدَّفَةُ أَهَمُّ ظَاهِرَةُ  لِلْفُوْرَامِيْنِفِرَا بِالنِسْبَةِ لِاَخَصَائِيْ اَلْاَحَافِيْرِ, اِذْ أَنَّهَا تَمْثِلُ اَلْبَقَايَا اَلْمَادِيَةِ اَلْوَحِيْدَةِ لِلْحَيَوَانِ اَلْقَدِيْمِ. وَتَتَكَوَّنُ الصَّدَفَةُ اَمَا مِنْ حُجْرَةٍ وَاحِدَةٍ يَفْرَزُهَا جِسْمُ الْحَيَوَانِ لِنَحِيْطِ بِهِ وَتَسْتَطِيْلِ مَعَ نَمُوْ الْحَيَوَانِ دُوْنَ أَنْ تَنْقَسِمُ
مِنَ الدَاخِلِ ثَكْالُ (27أ), أَوْ مِنْ حُجْرَاتٍ عَدِيْدَةٍ يَفْرَزُهَا جِسْمُ اْلحَيَوَانَ عَلَى مُرَاحِلِ. فَبَعْدَ أَنْ يَبْنِيَ الحَيَوَانُ لحُجْرَةُ الْاُوْلَى فَاِنَّ اْلبَرُوتُوْبِلاَزِمُ يُبْرِزُ اِلَى خَاِرجِ هَذِهِ اْلحُجْرَةِ مِنْ فَتْحَةِ فِيْهَا , وَيَأْخُذُ شَكَلُ حُجْرَةُ جَدِيْدَةُ ثُمَّ يَتَمُّ اَفْرَ ازُ الصَّدَفَةِ حَوْ لُهَا وَهَكَذَا .... ثكل (27ب) .
          وَيَخْتَرِقُ جَدَّارُ الصَّدَفَةُ  اْلكَثِيْرُ مِنَ الثَقُوْبِ . وَتَظْهَزُ هَذِهِ الثَقُوْبُوَاضِحَةُ جِدًا فِيْ اْلاَصْدَافِ اَلجِيْرِيَّةِ . وَتُوْجَدُ أَحَافِيْرَ اَلْفُوْرَامِيْنِفِرَا فِيْ الرُّوَا سِبَ اَلْبَحْرِيَّةِ مِنَ اْلعَصْرِ اَلْكِمْبِرِيْ حَتَّى اْلحَدِيْثَ. وَلَقَدْ اِنْتَشَرَتْ اِنْتِشَارًا وَاسِعًا فِيْ أَوَاخِرِ حَقْبِ اْلحَيَّاةِ اْلمُتَوَسِطَةِ وَبِدَايَةِ حَقْبِ اْلحَيَاةِ اْلحَدِيْثَةِ لِدَرَجَةِ أَنْ أَصْدَافُهَا بَنَتْ طَبَقَاتِ سَمِيْكَةِ تَمْتَدُّ اِلَى مُسَافَاتِ كَبِيْرَةٍ.
وَهُنَاكَ عَائِلَةُ مِنْ الفَوْرَامِيْنِفِرَا ذَاتَ اَصْدَافٍ كَبِيْرَةٍ مَعْقَدَةٍ تَعْرِفُ   بِاسْمِ عَائِلَةِ النُوْمِيُوْلِيْتَ ,Nummuliteوَتَتَمَيَّزُبِصَدَفَتِهَا.اَلْعَدْسِيَّةِ الشَكَلِ وَالْمَكُوْنَةُ مِنْ حُجْرَاتٍ عَدِيْدَةٍ تَبْدَأُ بِالْحُجْرَةِ اْلسَابِقَةِ لَهَا. وَيَتَرَاوِحْ حَجْمُ هَذِهِ الْاَصْدَافُ مِنْ حَجْمِ حَبَّةُ اْلعَدَسِ اِلَى حَجْمِ مِئَةِ الْفلُسِ شَكْلِ (28).

Beberapa contoh  Foraminifora
Pertama-tama: Foraminifera-Foraminifera adalah tubuh hewan awal terdiri dari satu sel melakukan semua fungsi vital.
Ini adalah peringkat sangat penting dari sudut pandang geologi karena penyebaran sisa-sisa cangkang mereka dalam batuan sedimen endapan hewan awal, Karena sejumlah besar jenis berbagai singkat, dan dianggap sebagai fosil panduan yang baik. Serta kemungkinan angka penuh dan besar dari mereka keluar dari trek berbatu dan pengeboran (Cores) Yang diekstrak dari sumur yang mengetuk minyak atau logam yang berbeda karena ukurannya yang kecil, dengan ukuran rata-rata sebagian besar kerang mereka tentang metamaterial, 3 mm.

Peningkatan perhatian foraminifera Itu yang signifikan sejak menemukan manfaat yang besar. Dalam persaingan lapisan dan menentukan usia yang khususnya dibawah lapisan permukaan, meningkatnya orang yang meneliti baik di perguruan tinggi, dan khususnya perusahaan minyak atau pusat penelitian pertambangan.
            Foraminifera menampilkan bentuk kapur. Itu dianggap sebagai fenomena yang paling penting dari Fosil foraminfra spesial, karena merupakan satu-satunya sisa-sisa fisik binatang purba. Ini terdiri dari kesempatan baik dari satu ruangan yang dikeluarkan oleh tubuh hewan untuk mengelilingi dia dan membengkak dengan pertumbuhan hewan tanpa dibagi.
Didalam gambar (27 a), atau dari kamar-kamar banyak tubuh hewan disekresikan atas tingkatan atau tahapan.  Setelah hewan itu membangun kamar yang pertama maka protoplasma akan  keluar dari  dalam kamar-kamar,dan dibutuhkan bentuk ruang yang baru kemudian disempurnakan keadaan sekitarnya dan ini gambar (27 b).
            Menembus dindig sel dan memiliki banyak lubang.dan lubang ini sangat jelas dalam karang berkapur. Fosil foraminifera dalam sendimen laut terdiri dari kambium yang modren. Banyak tersebar diperiode akhir kehidupan foraminifera menengah dan awal kenozoikum sampai lapisan kulit yang tebal meluas kejarak yang cukup jauh.
Ada keluarga dari Foraminifora terkait dengan kerang besar yang kompleks yang dikenal sebagai keluarga Alnomiuliet, Nummulite dan ditandai dengan lubang.Kemudian bentuk akhir gambar terdiri dari beberapa kamar mulai kamarnya sebelumnya.Dan ukuran kerang tersebut mulai dari ukuran untuk ukuran bentuk ratus gambar (28).




إٍسْتِفهام:
1.     مَذَا الْفُوْرَ امِيْنِفِرَا؟ 
اَلْفُوْرَ امِيْنِفِرَا حَيَوَانَاتٌ أَوْلِيَّةُ يَتَكَوَّنُ جِسْمُهَا مِنْ خَلِيَةٍ وَاحِدَةٍ
2.    كَيْفَ اِزْدَادَ اَلْاِهْتِمَامُ بِالْفُوْرَامِيْنِفِرَا زِيَادَةً كَبِيْرَةً مُنْذُ أَنْ اِكْتَشَفَتْ؟
فَزَادَ عَدَدُ الْمُشْتَغْلِيْنَ بِهَا سَوِاء فِيْ الْجَا مِعَاِت, أَوْ مَرَاكِزُ أَبْحَاثُ شَرَ كَاتِ النَفْطِ وَالتَّعْدِيْنَ.
3.    ماَ الصَدَّفَةُ أَهَمُّ ظَاهِرَةُ  لِلْفُوْرَامِيْنِفِرَا؟
وَتَتَمَيَّزُ اَلْفُوْرَامِيْنِفِرَ ابِصَدَفَتِهَا اَلْجِيْرِيَّةِ
4.    وَتُوْجَدُ أَحَافِيْرَ اَلْفُوْرَامِيْنِفِرَا فِيْ؟
اَلْفُوْرَامِيْنِفِرَا فِيْ الرُّوَا سِبَ اَلْبَحْرِيَّةِ مِنَ اْلعَصْرِ اَلْكِمْبِرِيْ حَتَّى اْلحَدِيْثَ
5.    ماَ عَائِلَةُ مِنْ الفَوْرَامِيْنِفِرَا ذَاتَ اَصْدَافٍ كَبِيْرَةٍ مَعْقَدَةٍ تَعْرِفُ؟
عَائِلَةُ مِنْ الفَوْرَامِيْنِفِرَا ذَاتَ اَصْدَافٍ كَبِيْرَةٍ مَعْقَدَةٍ تَعْرِفُبِاسْمِ عَائِلَةِ
النُوْمِيُوْلِيْتَ ,Nummuliteوَتَتَمَيَّزُبِصَدَفَتِهَا




 مفردات:
ARAB
INDONESIA
ر تبة                     
Kelas
الفورامينفرا   
Foramenfera
حيو انا ت     
Hewan
يتكون           
Terdiri
جسمها من خلية
sel tubuh
بجميع           
Semua
الحيوية
Vital
الرتبة
Pangkat
الاولية          
Awal
ذات أهمية     
Hubungan
خاصة          
Terutama
النظر  
Pertimbangan
الجيو لو جية  
Geologis
لانتشار:        
    Menyebarkan
بقايا   
Sisa
أ صد افها:     
kerang mereka
الكثير من      
tergesa-gesa
الصخورالرسوبية :
batuan  sedimen
البحث          
Pencarian
ازدا
Peningkatan
الاهتمام
Perhatian
الطبقات
Lapisan
المشتغلين بها
Peneliti
والتعدين
Pertambangan
أو مراكز أبحاث شر كات النفط

Perusahaan minyak atau pusat penelitian
الجيرية         
yang berkapur
القديم            
Purba
يفرزها          
Disekresikan
وتستطيل       
dan membengkak
تعرف 
Mengenali

Gambar

http://1.bp.blogspot.com/-ku5wJjIg94M/UmSgw5zX80I/AAAAAAAABxQ/ncCZJFh4WLM/s320/image005-767200.jpg
Foraminifera fusulinida Parafusulina schucherti
Kanan: Foraminifera bentonik Discocyclina sp. dari Formasi Naranjo (Puerto Rico) yang berumur Eosen Tengah (sekitar 55.8 - 33.9 juta tahun yang lalu)
Foraminifera bentonik Discocyclina sp
Keterangan:
spesies foraminifera bentonik dapat hidup di semua lingkungan laut, melainkan kelompok foraminfera ini yang dapat hidup baik dari laut dangkal sampai laut dalam (zona abisal).
Manfaat Forominifera untuk Biostratigrafi
Apabila foraminifera-foraminifera tersebut mati, maka mereka akan mewakafkan cangkangnya untuk diendapkan di dasar laut. Hal ini menyebabkan sedimen dasar laut pada umumnya mengandung cangkang foraminifera, baik dari hanya beberapa individu foraminifera dalam 1 kilogram sedimen (yang apabila mengalami proses litifikasi akan menjadi batuan sedimen) sampai (sebagai contoh) batugamping Nummulites yang butir batugampingnya tersusun oleh cangkang foraminfera besar Nummulites. Karena itu cangkang foraminifera hampir selalu digunakan dalam studi biostratigrafi untuk batuan-batuan sedimen yang terbentuk di lingkungan laut. Foraminifera (kecil) planktonik yang dapat tersebar luas ke seluruh lautan digunakan dalam korelasi umur untuk lapisan-lapisan batuan sedimen antar regional yang berumur Kapur, Paleogen, dan Neogen. Sedangkan foraminifera (besar dan kecil) bentonik digunakan untuk penentuan lingkungan pengendapan dan korelasi stratigrafi yang bersifat regional.

Hadist dan ayat al-quran
surat Ar-Rum ayat 41-42 :
 Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)
Hadis Nabi:
Allah senantiasa menolong hambaNya, selama hambaNya suka menolong saudaranya (HR. Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar